Lurah Sungaijawi Dalam: Musrenbang RKPD 2025 Akan Fokus Pada Infrastruktur

Musrenbang atau Musyawarah Perancanaan dan Pembangunan, menjadi agenda besar setiap pembuka tahun untuk semua instansi OPD hingga pusat di Pemerintahan. Salah satu instansi OPD yaitu unit kerja Kelurahan Sungaijawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak yang menyelenggarakan kegiatan Musrenbang di Hotel G Pontianak, Senin 15 Januari 2024.

E5C6A845-2E5E-4B7F-8B26-7347D1E4361B.jpg

Dok: Foto bersama Lurah Sungaijawi Dalam Mawardi, Camat Pontianak Barat Ibrahim, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta seluruh Lurah Pontianak Barat.

Lurah Sungaijawi Dalam Mawardi, S.Sos mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir pada kegiatan Musrenbang RKPD 2025 Tingkat Kelurahan Sungaijawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Mawardi menyebutkan Musrenbang tahun ini berjalan dengan sangat lancar, sehingga kegiatan berjalan tepat waktu.

"Kegiatan kali ini berjalan dengan lancar, dan semua masyarakat saling berdiskusi hingga mendapatkan kesepakatan bersama tanpa saling mementingkan kepentingan pribadi" ujarnya.

Beberapa Rukun Warga (RW) yang datang mewakili warganya, juga saling penyampaikan aspirasinya. Terkait infrastruktur jalan lingkungan dan saluran/drainase, yang sudah beberapa kali mereka usulankan tapi tidak terealisasi.

Perwakilan Bappeda Eko Prihandono mengatakan dalam pemaparannya, masalah infrastruktur pasti kami serahkan ke Dinas terkait tapi untuk realisasi pasti akan mengambil skala prioritasnya.

85C4EC96-B315-450C-9EAB-4E5FE82DC297.jpg

Dok: Foto perwakilan Bappeda Kota Pontianak Eko Prihandono.

"Semua usulan yang masuk, akan kami lihat kembali skala prioritasnya setelah itu akan kami serahkan ke Dinas terkait. Untuk beberapa yang usulan yang sudah berkali-kali diusulkan, tolong Pak Camat di ambil prioritas untuk beberapa usulan yang disebutkan tadi" disampaikan langsung ke Camat Pontianak Barat.

Camat Pontianak Barat Ibrahim dalam sambutannya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada peserta dan atas terlaksananya kegiatan Musrenbang Kelurahan Sungaijawi Dalam. Infrastruktur menjadi fokusan Camat Pontianak Barat, terutama dalam mewujudkan Ekonomi Inklusif untuk daerah Sungaijawi Dalam.

E16638CF-EF4C-4E01-9BDF-B6C12932E3B5.jpg

Dok: Foto sambutan Camat Pontianak Barat Ibrahim.

"Infrastruktur memang menjadi fokusan utama kita bapak ibu sekalian. Dan infrastruktur yang menjadi fokusan saya dalam pengembangan ekonomi inklusif yaitu pengembangan parit sungaijawi. Parit sungaijawi bisa kita jadikan tempat wisata yang menarik, dan dapat membantu perekonomian masyarakat di sekitarnya" ujarnya.

Menjadikan parit sungaijawi tempat wisata memang menjadi agenda utama Camat Pontianak Barat. Usaha Camat Pontianak Barat untuk terus menyuarakan pengembangan parit sungaijawi menjadi tempat wisata, dan akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar patut kita apresiasi.

Karena bersama dengan tema kegiatan Musrenbang di Kota Pontianak yaitu Pemantapan Kolaborasi untuk Pembangunan Ekonomi Inklusif Menuju Peningkatan Produktivitas dan Kesejahteraan, sangat berkaitan erat dengan perencanaan pengembangan yang disuarakan oleh Camat Pontianak Barat.

508D0DA2-DAC0-4A35-8373-0B5FA3ECA74D.jpg

Dok: Foto Lurah Sungaijawi Dalam Mawardi bersama perwakilan dari RW saat penyerahan usulan prioritas.

Ditemui setelah kegiatan, Lurah mengatakan infrastruktur sangat utama dan ekonomi inklusif harus berdampingan. Kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah penting dalam mewujudkan pembangunan ekonomi inklusif menuju peningkatan produktivitas dan kesejahteraan.

"Kolaborasi antar masyarakat dan pemerintah sangat berperan penting dalam mewujudkan satu tujuan dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan" ujarnya.

Semua berharap kegiatan Musrenbang ini dapat menjadi wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada pemerintah secara langsung.